Selasa, 2 April 2019, Program Studi Ekonomi Islam, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mulawarman menghadiri undangan Sosialisasi Layanan Keuangan BRI Syariah untuk Mitra Kerja KPPN, bertempat di Aula Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN)  Samarinda, Jalan M. Yamin No. 2 Samarinda. Agenda sosialisasi ini dimulai 09.30 hingga 12.00 WITA.

Acara ini juga dihadiri oleh para mitra KPPN baik dari berbagai instansi. Selaku narasumber, hadir dalam sosialisasi ini adalah Kepala KPPN Kanwil Kaltim, Kepala Cabang BNI Syariah Cabang Samarinda, dan Kepala PT. Taspen Perwakilan Kaltim.  Acara dimulai dengan registrasi peserta oleh panitia, kemudian dilanjutkan dengan prolog acara disampaikan oleh Kepala Cabang BRI Syariah Samarinda. Pembukaan kegiatan dilakukan oleh Kepala KPPN Samarinda. Dalam sambutannya, Kepala KPPN menyampaikan perihal layanan KPPN yang diberikan kepada satker di wilayah Kota Samarinda. Layanan tersebut saat ini semakin berkembang, dan guna mengikuti perkembangan teknologi keuangan digital, mulai tanggal 1 Juli 2019, KPPN akan mulai memperkenalkan layanan Kartu Kredit kepada pegawau di lingkungan satker se-Kota Samarinda. Layanan kartu kredit ini memiliki porsi 40% dari jumlah pendapatan yang diterima pegawai yang bertujuan mengurangi peredaran uang fisik dan mengalihkannya dalam bentuk uang digital.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pemaparan mengenai sosialisasi layanan PT. Taspen, yang disampaikan Kepala PT. Taspen Persero perwakilan Kaltim. Disampaikan penjelasan mengenai layanan PT. Taspen dan bagaimana proses pengajuannya, dari jaminan hati tua, pensiun, jaminan kecelakaan kerja, hingga tabungan. Detil materi dari PT. Taspen ini disampaikan sebagaimana terlampir dalam laporan kegiatan ini. Dalam kesempatan ini, PT. Taspen juga menjelaskan layanan terbaru mereka, yakni Taspen Life.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan materi inti, yakni sosialisasi layanan BRI syariah kepada mitra KPPN, yang disampaikan oleh Manager Pemasaran BRI Syariah Samarinda. Dalam paparannya, BRI Syariah menyampaikan layanan, akses serta mekanisme apa saja yang bisa didapat mitra maupun satker KPPN. Mulai dari layanan payrol, tabungan dan deposito, penggantian payroll ke BRI Syariah, keuntungan yang diberikan BRI Syariah, hingga pendampingan BRI Syariah kepada satker/pegeawai perseorangan untuk menghindari adanya retur dalam proses penggantian bank payroll. Kegiatan ini kemudian ditutup dengan tanya jawab peserta kepada narasumber, dan diakhiri dengan makan siang.

Sosialisasi ILMU EKONOMI


Jurnal Berlangganan