Program Studi Ekonomi Syariah FEB Unmul, berhasil meraih akreditasi dengan predikat Baik Sekali dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Capaian predikat Baik Sekali ini disampaikan oleh BAN-PT Hari Selasa,19 Juli 2022 dengan nilai 328 melalui SK Ban-PT 4581/SK/BAN-PT/Ak/S/VII/2022. Predikat ini diraih Prodi Ekonomi Syariah melalui proses yang cukup panjang. Pengajuan reakreditasi sudah diajukan mulai tahun 2021, seiring dengan masa berlaku predikat akreditasi sebelumnya yang akan berakhir pada tahun 2022 ini. Penyusunan berkas, baik LED maupun LKPS kemudian mulai disusun pada awal tahun 2021 melalui kepanitian yang diketuai oleh Dekan FEB Unmul, Prof. Dr. Syarifah Hudayah, M.Si.

Adanya pandemi sedikit banyak juga memengaruhi proses akreditasi. Kendala maupun tantangan turut mewarnai penyusunan berkas oleh panitia akreditasi. hingga pada akhirnya, pada Tanggal 1 November 2021, surat permohonan reakreditasi diajukan oleh LP3M ke BAN-PT. Permohonan ini kemudian diikuti dengan pengiriman berkas LED dan LKPS pada tanggal 16 November 2022. "Kelengkapan berkas telah selesai, tinggal menunggu keputusan waktu asesmen lapangan," Jelas Isna Yuningsih, S.E., M.M., Ak., C.A., beberapa waktu dalam rapat koordinasi akreditasi. Setelah berkas diserahkan ke BAN-PT, proses akreditasi dilanjutkan dengan Asesmen Kecukupan (AK) dan diakhiri dengan Asesmen Lapangan (AL). Setelah menunggu beberapa bulan sejak penyerahan berkas, akhirnya asesmen lapangan dilakukan pada Tanggal 6-7 Juli 2022. Asesmen dilakukan secara daring, dengan dua asesor, yakni Dr. Anton Bawono, M.Si (IAIN Salatiga), dan Dr. M. Fakhri Husein, M.Si (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta).

Dengan raihan hasil akreditasi ini, berarti Prodi Ekonomi Syariah FEB Unmul kembali menyumbang peningkatan predikat akreditasi bagi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unmul. "Dengan diraihnya akreditasi baik sekali untuk Prodi Unmul ini, berarti tidak ada lagi prodi dengan predikat C. Hal ini akan menaikkan reputasi FEB Unmul dalam menyelenggarakan pendidikan tinggi," ungkap Dekan FEB Unmul, dalam kesempatan rapat koordinasi Jurusan Ilmu Ekonomi pada Hari Rabu 20 Juli 2022.

Sebelumnya, Prodi Ekonomi Syariah tercatat masih berstatus terakreditasi C. Status ini didapatkan melalui akreditasi pada Tahun 2017 dengan SK bernomor 2997/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/2017. Peningkatan predikat akreditasi ini memang sangat penting bagi prodi. Akan memengaruhi reputasi serta juga menambah daya tampung mahasiswa yang bisa diterima. sejalan dengan peningkatan ini, juga semakin besar tantangan bagi prodi, utamanya untuk mempertahankan dan meningkatkan kualitas layanan pendidikan dan pengajaran.

 

syariah, ekonomi, sksyar, akreditasi, baik, baik s ILMU EKONOMI


Jurnal Berlangganan