Profil SIngkat

Program Studi Magister Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman (Prodi Magister Akuntansi) memiliki keunikan atau keunggulan pada bidang akuntansi keberlanjutan.

Magister Akuntansi Universitas Mulawarman Berdiri pada tanggal 23 April 2021, diakui berdasarkan surat nomor 199/E/O/2021 oleh Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu, saat ini program studi magister akuntansi memiliki 13 tenga pendidik memiliki kualifikasi yang tidak hanya dikenal sebagai akademisi, namun juga berpengalaman di dunia praktisi Audit, Pemerintahan dan Swasta serta turut andil bagi terciptanya proses pembelajaran yang sistematis dan match terhadap kebutuhan dunia kerja.  Magister Akuntansi menyediakan pendidik profesional untuk mahasiswa di era persaingan yang semakin kompetitif dan dinamis, program ini memiliki beberapa konsentrasi jurusan yakni; Sektor Publik, Akuntansi Manajemen, Akuntansi Perpajakan dan Akuntansi Keuangan

Fokus Program Magister Akuntansi pada bidang akuntansi keberlanjutan secara tidak langsung juga akan mengadopsi teori, praktik, dan nilai-nilai yang berlaku secara internasional. Teori, praktik, dan nilai-nilai tersebut akan dikembangkan sesuai kearifan lokal (local wisdom), hubungan yang menyatu (integrate) antara ekonomi, sosial, budaya, lingkungan, dan tata kelola (governance) secara berkelanjutan. Program Magister Akuntansi melihat bahwa PIP Unmul, nilai-nilai dan dimensi akuntansi keberlanjutan akan mewarnai keunggulan atau keunikan Prodi dalam aspek pengembangan keilmuan, kajian capaian pembelajaran, dan kurikulum. Keunikan atau keunggulan aspek pengembangan keilmuan Program Magister Akuntansi akan difokuskan pada bidang akuntansi keberlanjutan.

Akuntansi keberlajutan fokus pada pengungkapan informasi non-keuangan atas kinerja organisasi kepada stakeholders eksternal dan penggunaannya dalam pengambilan keputusan oleh internal organisasi (manajemen) yang memiliki pengaruh terhadap kinerja organisasi. Informasi non-keuangan menunjukkan aktifitas-aktifitas yang memiliki dampak langsung terhadap kinerja organisasi dari aspek ekonomi, sosial, lingkungan, dan tata kelola (governance). Akuntansi keberlanjutan juga digunakan dalam menciptakan nilai bersama (creating shared value/csv) di organisasi publik dan privat/bisnis. Pengembangan keilmuan akuntansi keberlanjutan menjadi payung utama dalam kegiatan pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat di Program Magister Akuntansi ini. Akuntansi keberlanjutan menjadi inspirasi dan dasar serta tumpuan utama dalam pengembangan keilmuan dan keahlian dosen dan mahasiswa bidang sektor publik dan akuntansi manajemen. Keunggulan pengembangan keilmuan di Program Magister Akuntansi ini menunjukkan kefokusan pada akuntansi keberlanjutan dan sense keberlanjutan telah menjadi bahasan global/internasional. Ini berarti bahwa arah pengembangan keilmuan Program Magister Akuntansi telah berorientasi masa depan dan internasional.