Kerjasama Tridharma

Kerjasama Pendidikan/Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

 

A. Kerjasama pendidikan

Kerjasama pendidikan difasilitasi oleh FEB UNMUL (termasuk dalam hal ini unsur Jurusan Ilmu Ekonomi) dalam rangka pengembangan Prodi Sarjana Ekonomi Syariah/Ekonomi Islam. Kerjasama pendidikan, telah dilakukan dalam  tiga  tahun  terakhir  ini diarahkan  pada  pengembangan suasana akademik, serta materi pembelajaran. Dalam lingkup lokal, FEB memfasiiltasi hubungan kerjasama dengan kampus di sekitar wilayah Kalimantan, demikian juga dengan instansi pemerintah seperti Direktorat Jendral Kekayaan Negara. Kuliah tamu internasional, narasumber seminar internasional seperti kuliah umum yang dilaksanakan bersama Kolej Universiti Perguruan Ugama Seri Begawan Brunei Darussalam (KUPU SB) tahun 2019 dan kuliah umum bersama IIUM dan Arab Oman Bank tahun 2020, dan pelaksanaan juga dilakukan melalui kongres APSEPI se-Indonesia ke-5 maupun AFEBI serta MICEB (Mulawarman International Conference on Economics and Business). Kerjasama pendidikan juga diarahkan dengan pihak Perbankan (BRI Syariah) dan penyedia layanan Bursa Efek yang dikoordinir oleh FEB untuk memfasilitasi sarana pendidikan pendukung kegiatan di Prodi Sarjana Ekonomi Syariah/Ekonomi Islam dalam konteks pemahaman kegiatan ekonomi dan keuangan syariah, keuangan publik, pasar modal dan bank. Dari segi tren jumlah kerjasama terjadi peningkatan dari 6 kerjasama ke 19 buah kerjasama yang berlaku pada tahun 2018-2019 dan untuk kerjasama yang berakhir pada tahun 2020 akan dibahas bersama dengan mitra mengenai perpanjangan kerjasama tersebut.

B.  Kerjasama Penelitian

Kerjasama penelitian umumnya dilaksanakan dengan pihak kabupaten dan kota, BUMD, lembaga pengelola zakat, Bank Indonesia Institut, Fakultas Ekonomi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Universitas Lambung Mangkurat, Ikarab Perusahaan Industri Kapal dan Lepas Pantai Indonesia bermanfaat untuk menambah peluang objek penelitian baik bagi dosen maupun mahasiswa serta terdapat tiga penelitian kerjasama internasional. Pada tahun 2018 terdapat sebanyak 16 kerjasama penelitian yang mayoritas adalah hasil permintaan kerjasama Dinas/Unit kerja. Pada tahun 2019 penelitian internasional dilakukan Kolej Universiti Perguruan Ugama Seri Begawan Brunei Darusssalam (Kupu Sb).

C.   Kerjasama Pengabdian kepada Masyarakat

Kerjasama pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh Prodi Sarjana Ekonomi Syariah/Ekonomi Islam adalah kegiatan yang didasarkan pada PKS antar-lembaga, yang umumnya berasal dari lembaga keuangan syariah dan juga kerjasama dengan Pemda (SKPD/Dinas terkait) atau BUMD daerah di Provinsi Kaltim. Pemda atau BUMD yang bekerjasama ini sebelumnya telah memiliki MoU dengan UNMUL atau FEB UNMUL dan selanjutnya operasional kerjasama dibuktikan dengan adanya Surat Keputusan atau Perjanjian Kerjasama (PKS) atau Laporan Kegiatan. Durasi kerjasama biasanya memiliki jangka waktu 1 tahun, namun ada juga yang memiliki durasi 2 hingga 5 tahun tergantung dari kesepakatan kedua belah pihak. Prodi Sarjana Ekonomi Syariah/Ekonomi Islam memiliki jumlah kerja sama dalam negeri dan luar negeri dalam bidang Tri Darma Perguruan Tinggi.

Kerja sama yang dilakukan oleh Prodi Sarjana Ekonomi Syariah/Ekonomi Islam didasarkan pada Surat Keputusan Rektor No 6 Tahun 2018 tentang Pelaksanaan Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Kerja sama dalam negeri dan luar negeri rutin dilakukan evaluasi setiap tahunnya guna menilai mutu, relevansi, produktivitas, manfaat, kepuasan, dan keberlanjutan kerja sama.

Untuk lebih jelas dan detil mengenai Kerjasama yang telah dilakukan Program Studi Ekonomi Syariah FEB Unmul, bisa disimak melalui link di bawah ini:

https://drive.google.com/file/d/1GgNNF-YWPRldUZF9Xz_iPvZaSCK2_qDB/view?usp=sharing