Jumat, 13 September 2019, bertempat di Auditorium Kantor Perbendaharaan Negara Kanwil Kalimantan Timur, DJPb  menggelar kuliah lapangan bersama mahasiswa Fakultas Ekonomi, Universitas Mulawarman. DJPb (Direktorat Jenderal Perbendaharaan) Kemenkue Kanwil Kaltim menyelenggarakan kuliah lapangan ini dalam rangka meningkatkan kerjasama dengan dunia akademis. "Kuliah ini adalah bentuk knowlegde sharing kami kepada para mahasiswa, yakni supaya mahasiswa mengenal apa yang kami lakukan di DJBp", sambut Midden Sihombing, Kepala Kanwil DJPb Kalimantar Timur kepada para mahasiswa.

Kuliah lapangan DJPb bersama mahasiswa FEB Unmul ini merupakan rangkaian yang dilaksanakan dari Tanggal 10 September hingga 27 September 2019. Tema dalam kuliah lapangan ini adalah Mengenal Akuntansi Pemerintahan Bersama DJPb. Ada empat mata kuliah yang disinergikan dengan kuliah lapangan ini, yakni Ekonomi dan Keuangan Publik Syariah, Akuntansi Sektor Publik, Ekonomi Keuangan Publik Syariah serta Sistem Keuangan dan Ekonomi Islam. Total ada 158 mahasiswa yang mengikuti kuliah lapangan ini, baik dari Jurusan Akuntansi maupun Ekonomi Islam. "Dalam kuliah lapangan ini, mahasiswa dikenalkan dengan akuntansi pemerintahan kemudian disesi kedua, mereka juga langsung praktek menyusun laporan keuangan," tambah Midden Sihombing.

Foto: Kepala Kanwil DJPb Kalimantan Timur, Midden Sihombing saat menyambut mahasiswa FEB Unmul dalam kuliah lapangan

Materi-materi dalam kuliah lapangan ini disampaikan oleh para staf DJPb. Materi tersebut berisi pengantar akuntansi pemerintahan, alur dan proses pembuatan laporan keuangan pemerintahan, karakteristik akuntasi pemerintahan, hingga jenis-jenis laporan keuangan yang selama ini disusun oleh DJBp. Materi tersebut disampaikan dengan metode interaktif dan juga diiringi dengan kuis yang dikemas dalam bentuk games. "Di peralihan sesi, pemahaman mahasiswa kami ukur dengan kuis yang kita kemas dengan games supaya lebih menarik dan mahasiswa tidak bosan. Mahasiswa yang nilai kuisnya paling tinggi, kami kasih hadian" imbuh Midden Sihombing.  

FEB Unmul menyambut sangat baik pelaksanaan kuliah lapangan dengan DJPB ini. Sebagaimana yang disampaikan oleh Wakil Dekan Bidang Akademik FEB Unmul, F. Defung, Ph.D, kuliah lapangan ini merupakan tindak lanjut pembicaraan kesediaan khowledge sharing Kanwil DJPB pada acara Kuliah Umum Forum Ekonomi Kementerian Keuangan pada 22 Agustus 2019 lalu di Aula FEB Unmul. Kedepan, kuliah-kuliah lapangan juga akan disinergikan dengan DJPB, tidak hanya akuntansi pemerintahan, melainkan juga perpajakan, audit, dan juga perbankan.

Hal ini juga dikonfirmasi oleh Kakanwil DJPb yang Jumat kemarin menyempatkan diri hadir, "Kuliah lapangan ini adalah awal, selanjutnya tidak cuma akuntansi saja melainkan juga perpajakan, audit bahkan juga perbankan. Khusus untuk perbankan, kita juga siap karena DJPb juga selalu berhubungan dengan BI," jelas Kakanwil DJPb. Lebih jauh, kepada para mahasiswa, Kakanwil DJPB ini juga menyampaikan, sinergi DJPb dengan kampus dalam bentuk kuliah lapangan ini adalah yang pertama di Indonesia, "Biasanya cuma kuliah umum atau stadium general, tidak kuliah lapangan seperti ini. Oleh karena itu, saya tidak mau kalau cuma satu sesi saja, karena pasti akan kurang," jelas Midden Sihombing. Di setiap sesinya, kuliah lapangan ini memang berlangsung sekitar tiga jam, dan dilakukan dalam dua sesi. 

Foto: Para mahasiswa pemenang kuis dalam kuliah lapangan berfoto bersama Kepala Kanwil DJPb Kalimantan Timur dan pengajar kuliah lapangan

Para mahasiswa juga terlihat antusias dalam kuliah lapangan ini. Selain karena perkuliahan langsung dilakukan di kantor DJBp, metode perkuliahan juga atraktif dan interaktif sehingga memudahkan pemahaman. "Selain menarik, kita jadi tahu bagaimana laporan keuangan disusun oleh DJBp. Selain itu, kuliah lapangan ini juga bisa menunjukkan gambaran bagaimana dunia kerja ke depan," ucap Muhammad Rusdi, Mahasiswa Ekonomi Islam Semester 3 yang kemarin mengikuti kuliah lapangan.

Gelar Kuliah Lapangan ILMU EKONOMI


Jurnal Berlangganan