FEB UNMUL dan RSJD Atma Husada Mahakam Kolaborasi Dalam Tridharma Perguruan Tinggi

Published: Jumat, 11 Maret 2022 dibaca 121

Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Mulawarman (UNMUL) melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama dengan Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJD) Atma Husada Mahakam, dalam pelaksanaan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Mercure, Kamis (10/3/2022).

Direktur RSJD Atma Husada Mahakam, dr. H. Jaya Mulaimin, Sp.KJ., M.Kes., MARS,menyampaikan rasa syukur bisa mengadakan kegiatan yang luar biasa dan sangat baik ini. “Walaupun sifatnya dipercepat, karena memang dari awal kami ingin diawal tahun kita sudah bisa melakukan kegiatan yang terkait dengan kerjasama dibidang pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat ang fokusnya ada di Rumah Sakit Jiwa Daerah Atma Husada Mahakam,” jelas dr. Jaya.

Menurut dr. Jaya, terobosan yang dilakukan oleh RSJD Atma Husada Mahakam bisa merangkai kegiatan yang sangat luar biasa termasuk juga perjanjian kerja sama (PKS) dengan FEB UNMUL. “Kenapa RSJD Atma Husada Mahakam bekerja sama dengan FEB UNMUL, karena ingin kami tekankan disini adalah agar Rumah Sakit kami juga dikenal dan punya talenta didalam marketing. Karena didalam konsep ilmu kesehatan jiwa secara marketing tidak masuk sehingga jarang yang mempunyai bisnis dalam hal kesehatan jiwa. Mudah-mudahan dalam kgiatan ini kami juga ingin mencari berbagai hal terkait dengan marketing, termasuk juga didalam kita ikut melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang menjadi tugas pokok dan fungsi sebagai universitas, karena juga rumah sakit kami ingin berproses menjadi rumah sakit pendikakan juga. Jadi itu yang mendasari RSJD Atma Husada Mahakam dengan FEB UNMUL ikut didalam kegiatan ini,” beber dr. Jaya.

Hasilnya tentu saja, lanjut dr. Jaya, akan memberikan dampak didalam pelayanan Rumah Sakit Jiwa, yang semakin hari semakin diminati oleh komunitas masyarakat apalagi dunia yang semakin berubah. “Dinamisasinya semakin memberikan pelayanan kesehatan mental ini harus sempurna. Orang itu harus tenang, orang itu harus bisa menerima keadaan. Ini menjadi tantangan buat rumah sakit, sehingga keperluan rumah sakit jiwa untuk bisa berkolaborasi dengan siapapun,” kata dr. Jaya.

Sementara, Dekan FEB UNMUL, Prof. Dr. Hj. Syarifah Hudayah, M.Si., mengatakan kami dari akademisi mendukung penuh, kalau ada program-program yang memang kita sinergikan dari program FEB UNMUL dan juga dari program Rumah Sakit Atma Husada ini. “Karena di kami itu memang ada khususnya kalau berbicara kampus, kita berbicara masalah pengabdian, penelitian dan pengajaran. Kita mungkin bisa sharing Pak, terkait penelitian, pengabdian dan pengajarannya jadi saling mengisi baik itu kami di Rumah Sakit Jiwa Atma Husada dan juga Rumah Sakit Atma Husada mengisi di FEB UNMUL. Karena, itu meningkatkan suatu hasil yang baik itu kita harus bekerja sama dengan pihak-pihak lainnya,” tutur Prof. Syarifah.

Prof. Syarifah memiliki keyakinan bahwa program yang sudah disampaikan dibangun sedemikian rupa, sehingga membuat nyaman pasien. “Tak hanya pasien, tenaga medis juga harus merasa nyaman dengan suasana dan lingkungan yang dibuat oleh Rumah Sakit Jiwa. Kamipun akan mendukung kalau ada program-program yang memang kami bantu baik, itu untuk satf maupun mungkin untuk konsumen khususnya Rumah Sakit Jiwa itu sendiri. Mungkin ada hal-hal yang bisa kita membagi pengetahuan-pengetahuan yang mungkin bisa membantu,” ungkap Prof. Syarifah.      

Kegiatan penandatanganan perjanjian kerjasama ini juga disaksikan oleh Wakil Dekan Bidang Akademik, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, pejabat di Lingkungan rumah Sakit Jiwa Atma Husada serta juga dihadiri dari Dinas Sosial, praktisi dan asosiasi mengenai kesehatan jiwa.

Selain penandatanganan perjanjian kerjasama dengan RSJD Atma Husada Mahakam. Diwaktu yang sama namun ditempat yang berbeda, FEB UNMUL juga melakukan perjanjian kerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Banjarmasin. (hms/zul)(hms/feb/rn)